Datto aka Datsun aka Kobir aka kotak biru (banyak yah sebutannya), salah satu kendaraan yang nemenin gw sehari-hari. Mobil yang di lahirkan pada tahun 1972 ini memang sudah cukup untuk di panggi "OM" pas karena klo di hitung umurnya sekarang sudah 39 tahun.
Tapi jangan salah, biar sudah 39 tahun tetap berjiwa muda, apa lagi semangat kerja nya, mobil keluaran baru mah bisa di lawan :D . Mobil ini gw beli di Malang, karena gw suka banget sama datsun. Tapi setelah bokap tau gw beli mobil ini, dia malah pengen alhasil ini mobil di boyong ke BOGOR. Dalam pertama kalinya perjalanan jauh,i kobir dapet musibah yaitu velg pecah di daerah Brebes karena lobang besar, alhasil body di enginebay ada yang retak.
Tapi kejadian tersebut tidak mematahkan semangat gw dan si Kobir untuk melanjutkan perjalanan. Velg cadangan pun mengantikan velg yang pecah tsbt walau memakai ban yang sebelumnya. Dan sampaidi tujuan dengan selamat.
**
Setelah beberapa bulan di Bogor ternyata si kobir kurang dapat perhatian dari bokap. Miris ngeliat si Kobir yang berdebu dan aki sampai soak. Tidak tega melihatnya gw pun langsung mengambil tindakan, pertama kali yaitu yang gw lakuin mencuci si kobir sampai kinclong. Saat di starter dengan mengjumper aki suara mesin yang brisik dan kemelatak *wah ada yang ga beres neh di mesin* langsung gw coba jalan, benar ternyata kondisi mesin kurang fit. Tanpa pikir panjang gw langsung bongkar tuh mesin.
Beberapa part pun gw ganti, seperti ring piston, timing chain, gear, tensioner dan ga lupa paking set. Cam yang sudah 30 tahun lebih bekerja keras di mesin L16 pun ternyata sudah tidak layak pakai, untungnya teman di junkyard menawarkan cam second dengan harga murah dan si kobir pun mendapatkan cam penggantinya
Pengerjaannya ternyata berhenti setengah, karena saya harus ke malang, kobir pun gw titipin ke bengkel teman. untuk di lanjutkan pengerjaannya.
**
Tiba-tiba kangen kobir, gw langsung telv nyokap untuk nanyain kondisinya. kata nyokap aman xixixixi. Saking kangennya sama kobir gw putusin untuk pulang ke Bogor. Dan tepat waktunya libur jadi bisa sekalian membereskan datsun kalau ada yang kurang.
Sampai rumah, yang gw liat pertama kali adalah si kobir, wah masih sama seperti yag dulu cuma ada cacat di bawah pintu akibat hidrolik cuci steam salah pasang jadi terkena body langsung bukannya chasis. Akibatnya ada panu di si kobir, tapi tidak mengapa karena gw lagi nabung untuk biaya cat si kobir.
Kobir pun nemenin gw selama liburan di Bogor, jalan kesana kemari mengelilingi kota. Senangnya bersama si kobir selain nyaman beberapa kali orang tersenyum saat ngeliat si kobir. Sampai ada yang memberhentikan untuk nawar, dan cerita kenangan dulu pernah punya mobil yang sama waktu dulu. Sampai tourist dari Jepang pun pernah memberi salam dan acungan jempol. Dengan senyuman pun saya balas salam. Ternyata memang datsun tipe kobir lumayan terkenal di dunia.
***
Saatnya pulang ke Malang.
liburan telah usai, saatnya kembali ke Malang. gw putusin untuk berangkat jam 1 dini hari karena dingin. dan belum banyak kendaraan pribadi di tol. Dengan kondisi mata yang masih mengantuk gw pun berangkat. Gas Poooooollllll......
Ditemani ipod dan headset puter laku metal yang paling metal biar ga ngantuk, ga lupa sebotol air mineral karena pesan mama kalau perjalanan jauh jangan lupa minum yang banyak agar ga sakit pinggang, xixixixixixi. di kilometer 19 tol cikampek gw berenti buat beli rokok sama cemilan. Eh lagi" di datengin ABG di tanyain tentang datsun. Akhirnya kami ngobrol sambil repair bagasi yang selalu terbuka saat ada lubang. ketimbang pusing gw iket tuh bagasi pake tali.
tapi ternyata ga bertahan lama, selang beberapa Kilometer eh tuh tali putus, terpaksa gw double lebih kuat biar ga kebuka lagi. Kali ini tali lumayan kuat sampai rest area tol Palimanan-Kanci gw berhenti istirahat sejenak di temani pop mie dan sebatang rokok.
Ga lupa si kobir ikutan narsis juga di rest area, plus merapihkan ikatan tali bagasi. sampai di pinggir tol juga narsis.
Memasuki Tol Bakrie yang baru, ternyata jalannya sepi sekali, dan kurang begitu bagus. Masih banyak patahan dan lobang yang membahayakan.
Selama Perjalanan,mata gw cukup berat untuk dibuka. Karena udara dingin yang menghembus ke muka gw, dan kurang nya tidur sebelum perjalan membuat mata jadi sipit, dan bergantian antara yang kiri dan kanan untuk beristirahat. Beberapa kali gw hampir menabrak, dan sering ngerem mendadak.
Akhirnya sampai juga jawa tengah, saat sampai batang perut sudah mulai komplain karena memang hanya popmie di pagi hari untuk mengisi perut. gw putuskan untuk makan di SPBU di Batang, karena banyak para truck berhenti disitu untuk makan, jika banyak truck berhenti untuk makan ada kemungkinan warung itu masakannya enak dan harganya murah.
Tapi jangan salah, biar sudah 39 tahun tetap berjiwa muda, apa lagi semangat kerja nya, mobil keluaran baru mah bisa di lawan :D . Mobil ini gw beli di Malang, karena gw suka banget sama datsun. Tapi setelah bokap tau gw beli mobil ini, dia malah pengen alhasil ini mobil di boyong ke BOGOR. Dalam pertama kalinya perjalanan jauh,i kobir dapet musibah yaitu velg pecah di daerah Brebes karena lobang besar, alhasil body di enginebay ada yang retak.
Tapi kejadian tersebut tidak mematahkan semangat gw dan si Kobir untuk melanjutkan perjalanan. Velg cadangan pun mengantikan velg yang pecah tsbt walau memakai ban yang sebelumnya. Dan sampaidi tujuan dengan selamat.
**
Setelah beberapa bulan di Bogor ternyata si kobir kurang dapat perhatian dari bokap. Miris ngeliat si Kobir yang berdebu dan aki sampai soak. Tidak tega melihatnya gw pun langsung mengambil tindakan, pertama kali yaitu yang gw lakuin mencuci si kobir sampai kinclong. Saat di starter dengan mengjumper aki suara mesin yang brisik dan kemelatak *wah ada yang ga beres neh di mesin* langsung gw coba jalan, benar ternyata kondisi mesin kurang fit. Tanpa pikir panjang gw langsung bongkar tuh mesin.
Beberapa part pun gw ganti, seperti ring piston, timing chain, gear, tensioner dan ga lupa paking set. Cam yang sudah 30 tahun lebih bekerja keras di mesin L16 pun ternyata sudah tidak layak pakai, untungnya teman di junkyard menawarkan cam second dengan harga murah dan si kobir pun mendapatkan cam penggantinya
Pengerjaannya ternyata berhenti setengah, karena saya harus ke malang, kobir pun gw titipin ke bengkel teman. untuk di lanjutkan pengerjaannya.
**
Tiba-tiba kangen kobir, gw langsung telv nyokap untuk nanyain kondisinya. kata nyokap aman xixixixi. Saking kangennya sama kobir gw putusin untuk pulang ke Bogor. Dan tepat waktunya libur jadi bisa sekalian membereskan datsun kalau ada yang kurang.
Sampai rumah, yang gw liat pertama kali adalah si kobir, wah masih sama seperti yag dulu cuma ada cacat di bawah pintu akibat hidrolik cuci steam salah pasang jadi terkena body langsung bukannya chasis. Akibatnya ada panu di si kobir, tapi tidak mengapa karena gw lagi nabung untuk biaya cat si kobir.
Kobir pun nemenin gw selama liburan di Bogor, jalan kesana kemari mengelilingi kota. Senangnya bersama si kobir selain nyaman beberapa kali orang tersenyum saat ngeliat si kobir. Sampai ada yang memberhentikan untuk nawar, dan cerita kenangan dulu pernah punya mobil yang sama waktu dulu. Sampai tourist dari Jepang pun pernah memberi salam dan acungan jempol. Dengan senyuman pun saya balas salam. Ternyata memang datsun tipe kobir lumayan terkenal di dunia.
***
Saatnya pulang ke Malang.
liburan telah usai, saatnya kembali ke Malang. gw putusin untuk berangkat jam 1 dini hari karena dingin. dan belum banyak kendaraan pribadi di tol. Dengan kondisi mata yang masih mengantuk gw pun berangkat. Gas Poooooollllll......
Ditemani ipod dan headset puter laku metal yang paling metal biar ga ngantuk, ga lupa sebotol air mineral karena pesan mama kalau perjalanan jauh jangan lupa minum yang banyak agar ga sakit pinggang, xixixixixixi. di kilometer 19 tol cikampek gw berenti buat beli rokok sama cemilan. Eh lagi" di datengin ABG di tanyain tentang datsun. Akhirnya kami ngobrol sambil repair bagasi yang selalu terbuka saat ada lubang. ketimbang pusing gw iket tuh bagasi pake tali.
tapi ternyata ga bertahan lama, selang beberapa Kilometer eh tuh tali putus, terpaksa gw double lebih kuat biar ga kebuka lagi. Kali ini tali lumayan kuat sampai rest area tol Palimanan-Kanci gw berhenti istirahat sejenak di temani pop mie dan sebatang rokok.
Ga lupa si kobir ikutan narsis juga di rest area, plus merapihkan ikatan tali bagasi. sampai di pinggir tol juga narsis.
Memasuki Tol Bakrie yang baru, ternyata jalannya sepi sekali, dan kurang begitu bagus. Masih banyak patahan dan lobang yang membahayakan.
Selama Perjalanan,mata gw cukup berat untuk dibuka. Karena udara dingin yang menghembus ke muka gw, dan kurang nya tidur sebelum perjalan membuat mata jadi sipit, dan bergantian antara yang kiri dan kanan untuk beristirahat. Beberapa kali gw hampir menabrak, dan sering ngerem mendadak.
Akhirnya sampai juga jawa tengah, saat sampai batang perut sudah mulai komplain karena memang hanya popmie di pagi hari untuk mengisi perut. gw putuskan untuk makan di SPBU di Batang, karena banyak para truck berhenti disitu untuk makan, jika banyak truck berhenti untuk makan ada kemungkinan warung itu masakannya enak dan harganya murah.
Kobir diantara Truck besar
Kondisi bagasi sudah aman, saat di Pekalongan gw cari tukang pintu akibat keselnya ngeliat bagasi yang celangap mulu. Akhirnya tenang juga hati mengenai bagasi.
Setelah perjalan yang cukup menyiksa karena panas dan macet, akhirnya sampai Salatiga juga langsung menuju tempat peristirahatan untuk mengisi perut dan mengistirahatkan kobir. Gw pilih untuk istirahat di rumah makan "JOGLO KU" karena disini terkenal masakan IGA nya, dan pemandangan yang cukup bagus untuk mengistirahatkan mata.
Buka kap mesin, tapi ternyata ada rembesan oli di dekat lubang busi. Penasaran dari mana asalnya, akhirnya gw coba chek untuk memastikan asal muasal oli tersebut,
Ternyata rembesan oli tersebut berasal dari packing Head Cover, yang rembes setelah perjalan cukup jauh.
Setelah diatasi, perjalanan pun dilanjutkan menuju Malang, yang kurang lebih masih 400 Km, rutenya adalah Gumolong - Sragen -Madiun - Nganjuk - Pare - Batu - dan Malang.
***
Akhirnya setelah menempuh kurang lebih 10 jam perjalanan, sampai juga di kota Malang. Ternyata kendaraan tua pun jika kita rawat dengan baik, mampu melakukan perjalanan jauh. Jadi jangan takut untuk mempunyai mobil tua.
Setelah perjalan yang cukup menyiksa karena panas dan macet, akhirnya sampai Salatiga juga langsung menuju tempat peristirahatan untuk mengisi perut dan mengistirahatkan kobir. Gw pilih untuk istirahat di rumah makan "JOGLO KU" karena disini terkenal masakan IGA nya, dan pemandangan yang cukup bagus untuk mengistirahatkan mata.
Ternyata rembesan oli tersebut berasal dari packing Head Cover, yang rembes setelah perjalan cukup jauh.
Setelah diatasi, perjalanan pun dilanjutkan menuju Malang, yang kurang lebih masih 400 Km, rutenya adalah Gumolong - Sragen -Madiun - Nganjuk - Pare - Batu - dan Malang.
***
Akhirnya setelah menempuh kurang lebih 10 jam perjalanan, sampai juga di kota Malang. Ternyata kendaraan tua pun jika kita rawat dengan baik, mampu melakukan perjalanan jauh. Jadi jangan takut untuk mempunyai mobil tua.
1 komentar